Pelatihan Table Manner Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Darussalam Gontor, di Hotel Lor In Syariah – Solo

IMG_20161112_085954.jpg

Universitas Darussalam Gontor, merupakan salah satu universitas islam Indonesia yang memiliki Public Relations cukup baik daripada universitas islam lainnya. Universitas yang baru berumur 3 tahun ini, sudahh memiliki sekitar 7 fakultas, dan memiliki 15 program studi. Salah satunya yaitu program studi Ilmu Komunikasi, yang pada kesempatan ini mengadakan sebuah kunjungan kerja ke Hotel Lor In Syariah Solo, sekaligus melaksanakan acara pelatihan table manner.

Pada hari Sabtu, tanggal 12 November 2016. Rombongan prodi Ilmu Komunikasi Unida berangkat ke kota Solo guna pelatihan table manner. Sesampainya di sana, rombongan mendapatkan sambutan yang hangat dari pihak manager hotel Lor In Syariah Solo.  Hotel ini merupakan hotel syariah terbesar di Indonesia. Memiliki kurang lebih 360 fasilitas kamar, yang terdiri dari 4 jenis kamar. Hotel  yang restaurantnya sudah memiliki lisensi Halan MUI Jawa Tengah, dan merupakan satu-satunya hotel pertama yang mendapatkannya.

Acara ini diadakan guna menambah wawasan mahasiswa dalam etika ketika menghadiri jamuan makan yang resmi. Layaknya seperti pejabat-pejabat, ataupun petinggi pemerintahan ketika menghadiri jamuan makan internasional. Acara ini, memberikan bekal pengetahuan tata cara menggunakan alat-alat  makan yang mewah sekaligus bermacam-macam. Dalam praktek nya, seorang pelatih seminar, selaku pemandu tutorial table manner menjelaskan satu persatu detail nama sekaligus fungsi alat-alat makan tersebut. Lalu mulai memasuki step tutorial nya,  yang dibuka dengan makanan pembuka, yaitu roti. Tentang cara, memegangnya, memotong, hingga cara memakannya, semuanya dijelaskan secara terperinci.

Hal yang terkecil sekalipun sangat diperhatikan disini. Mulai dari gerak gerik sebelum memulai makan, ketika makan, sampai sesudah makan. Apa yang kita lakukan diatas meja merupakan cerminan kepribadian kita, sehingga diusahakan agar lebih menjaga wibawa dan kesopana ketika sedang menghadiri jamuan makan yang berkelas nasional maupun internasional.

Karena yang dipelajari pada kesempatan kali ini merupakan etika makan bagi orang Eropa.  Maka kita harus bersikap seperti kebanyakan orang-orang  Eropa menyikapi hidangan. Karena, berbeda dengan etika serta cara makan orang Indonesia, maupun cara makan orang chinese. Yang mana makanan akan datang satu persatu, mulai dari makanan pembuka, lalu buah buahan, soup, makanan utama, makanan penutup,  hingga minuman penutup. Akan sangat berbeda sekali dengan cara serta etika yang ada di Indonesia, yaitu langsung menyajikan menu makanan secara keseluruhan, juga cara orang chinese dalam etika makan mereka. Tentu saja berbeda tatacara serta etikanya dalam makan.

Dari kunjungan serta pelatihan table manner ini, diharapkan kepada seluruh mahasiswa untuk mampu menyikapi kondisi dan sikap, ketika akan maupun sedang menghadiri jamuan makan yang berkelas Internasional. Dengan seluruh peralatan yang banyak dan beraneka ragam. Dan semoga semua ilmu-ilmu yang telah diberikan, agar bermanfaat kedepan nya. Tidak untuk tahun ini, bisa jadi 5 sampai 15 tahun yang akan datang, ketika kita menjadi perwakilan Indonesia  untuk menghadiri sebuah konferensi Internasional di luar negeri. Sehingga kita sudah terbiasa dengan kebiasaan serta adat mereka ketika menghadiri sebuah jamuan makan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s