Apa itu Low Poly Art?

Apa itu Low Poly Art? Mungkin kebanyakan dari anak muda jaman now, sudah sangat sering melihat tentang design grafis yang menggandalkan objek segitiga pada design grafis nya. Ya.. kurang lebih itu bisa disebut dengan yang namanya Low Poly Arts. Arti sebenarnya dari Low Poly Art tersebut adalah, karya seni digital yang terbuat dari mesh poligon (garis polygonal) berupa segitiga, dengan sejumlah poligon yang saling bersatu. Objek segitiga tersebut terdiri dari ratusan bahkan ribuan bentuk geometris kecil yang digabungkan untuk membentuk sebuah gambar menjadi abstrak dan bernilai seni.

polygon-mathisfun

Awalnya, Low Poly adalah suatu teknik untuk desain pemodelan 3 Dimensi. Namun, seiring dengan perkembangan nya. Para designer mengembangkan Low Poly pada objek-objek hidup. Seperti, manusia, hewan, tumbuhan, dan objek-objek lainnya. Dan sampai saat ini, pengembangan dari karya low poly ini dapat diterapkan untuk dicetak di poster, mug, t-shirt, wallpaper, frame album, book-cover, dan lain-lain.

Low poly art

Dalam proses pembuatannya, tidak seperti efek-efek yang ada pada aplikasi-aplikasi grafis instan yang biasa kita temui di jaman now, yang hanya dengan sekali ‘klik’, karya tersebut bisa dengan mudahnnya jadi dan indah. Namun, dalam jenis design ini, nilai seni yang tertanam ialah bentuk ke-abstrak-an dari objek itu sendiri. Dimana, segitiga merupakan media utama untuk dapat membentuk lekuk-lekuk objek yang sedang di design. Dan disinilah kreatifitas dan imajinasi dari personaliti designer itu diuji. Bagaimana ia bisa meletakkan sudut-sudut diagonal triangle (segitiga) nya dengan tepat dan indah. Dan juga pemilihan warna satu persatu, yang sesuai dengan warna-warna sekitarnya maupun warna asli dari objek sumbernya.

Tidak bisa dipungkiri. Untuk membuat dan menyelesaikan design ini, membutuhkan waktu yang lama. Sehingga, kesabaran dan ketekunan dari desinger sangat diperlukan. Bagaimana bisa tidak? sang designer dituntut harus bisa membuat segitiga-segitiga kecil, sedang, maupun agak besar dalam setiap lekuk-lekuk objek, mengikuti alur dan garis objek, sampai membuat ilustrasi semi- 3 Dimensi dalam beberapa sektor objek. inilah yang membuat nilai plus dari seni low poly ini bisa dikatakan begitu menarik, dan memiliki harga saing yang tinggi.

Berikut ini adalah beberapa contoh hasil design low poly, yang dibuat oleh n1graphics design.

 

Design Trademarked by n1graphicsN1 Logo2a2

Advertisements

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s